jump to navigation

Cientifico Choir goes to ITB September 11, 2008

Posted by fifinhandayani in Pengalaman.
trackback
Sebelum pemberangkatan

Sebelum pemberangkatan

Pada tanggaal 27 Agustus 2008, Cientifico Choir berangkat ke Bandung dengan upacara pelepasan di depan FMIPA Universitas Brawijaya oleh Dekan dan Calon Dekan terpilih. Saat yang sudah lama kami persiapkan sejak 4 bulan yang lalu. Dari persiapan latihan yang intensif, administrasi pendaftaran, akomodasi, transportasi dan konsumsi selama di Bandung, pencarian dana dari cari sponsor sampe ngamen di pasar minggu, pencarian kostum yang pake tali rafia khusus yaitu asahilon yang susah dicari buat kostum rumbai2 khas papua, persiapan konser sebagai uji coba sebelum mengikuti kompetisi dan berjuta masalah yang dihadapi baik dari intern anggota CC maupun dengan penyelenggara FPS XXI ITB 2008.

Wah sungguh proses yang sangat lama dan melelahkan sebelum berangkat ke Bandung. Latihan sudah kami laksanakan sejak bulan Mei dengan pelatih kami tercinta yaitu mbak Athit dan mas Paulus. Dengan masalah klasik yaitu anggota yang hadir silih berganti alias gak pernah utuh..bahkan hingga satu minggu sebelum keberangkatan masih ada kendala ketidakpastian seluruh anggota tim yang akan berangkat. Hal ini sangat menyedihkan dimana anggota telah mengambil keputusan untuk mengikuti ajang tingkat nasional yang baru pertama kali ini dan seharusnya tidak bisa diremehkan begitu saja.

Setelah latihan cukup lama akhirnya pada tanggal 11 Agustus 2008 CC berhasil mengadakan konser perdananya di Gedung Graha Sainta, dengan membawakan 12 lagu yaitu lagu2 Renaisance, lagu rakyat intenasional dan lagu rakyat indonesia. Sebelum konser kami mendapat masalah dengan turunnya hujan yang tiba2, mati lampu yang tiba2 dan hari yang bertepatan dengan ulang tahun AREMA jadi banyak konvoi di jalan2 yang bikin macet, sedangkan saat konvoi kami sedang make up di salon jadi gak bisa langsung pulang gara2 di jalan macet (fiuh..). Tapi alhamdulillah masalah itu bisa diatasi dimana lampu menyala kembali, hujan yang agak mereda dan jalan sudah normal…

Saat konser kami menampilkan seluruh penampilan terbaik kami sesuai dengan latihan yang cukup lama yang sudah dijalani..Apapun hasilnya kami sudah cukup senang walaupun sebenarnya masih banyak sekali kekurangan. Penonton yang mambeli tiket kami ada kurang lebih sekitar 200 orang tidak cukup banyak untuk ukuran sebuah konser tapi cukup lumayan untuk konser yang baru pertama kali kami adakan.

Kami ke Bandung menggunakan bus milik Universitas Brawijaya dan berangkat tepatnya pukul 10.30 tanggal 27 Agustus 2008. Perjalanan ke Bandung ternyata sangat panjang dan melelahkan, dimana kita dari Jawa Timur menuju Jawa Barat jadi harus melewati Jawa Tengah dulu…fiuh ternyata jauh.. Selama perjalanan banyak yang bernyanyi, senda gurau dan tak sedikit yang tidur termasuk aq, cos setiap melakukan perjalanan pasti mabuk jadi biar gak mabuk mending tidur aja..jangankan pergi ke luar kota cuma naik angkot alias mikrolet untuk perjalanan dalam kota aja kepalaku dah pusing, perut bergoncang dan lain2 tanda2 orang mau mabuklah…(payah..)

Lagu Jaranan saat konser

Lagu Jaranan saat konser

Sampai di Bandung pagi hari tanggal 28 Agustus 2008. Selama di Bandung kami menginap di Gelanggan Gelora Muda yang ada di Jalan Merdeka bersebelahan dengan BIP dan merupakan wilayah DAGO yang banyak mall dimana2..Wah Bandung ternyata surga belanja..tapi sesampai di Bandung kami tidak bisa berjalan2 sebelum waktu lomba terlewati karena kami masih harus berlatih sebelum lomba. Lomba kami berlangsung pada tanggal 29 Agustus 2008 malam hari jadi sekitar jam 2 siang kami harus sudah beriap2 untuk make up karena pasti memakan banyak waktu, apalagi buat yang cowok wajah mereka harus dilukis seperti orang papua yang sebenarnya..

Setelah selesai make up kami melakukan gladi bersih penampilan kami untuk terakhir kali.. Lalu berangkat menuju ITB, tetapi karena jalan didepan penginapan kami hanya satu arah dan itu berlawanan dengan arah tujuan kami maka kami harus menuju bus yang yang di parkir di belakang gedung penginapan. Di penginapan tidak ada pintu belakang, satu2 jalan menuju parkiran bus kami harus lewat Bank yang ada di sebelah penginapan..Tapi tak kami sangka dengan dandanan yang sudah seperti orang papua yang mau karnaval kami masuk ke Bank tersebut tapi dilarang oleh satpam karena itu bukan jalan umum, mencoba merayu satpam itu tapi tetap saja tidak bisa lewat. Uh..pak Satpam kejaammm!!! Akhirnya kami harus berjalan menuju perempatan jalan yang arahnya menuju ITB (Ya ampun bener2 kayak lagi karnaval), selama kami berjalan banyak pasang mata memandang kami..malah ada yang teriak2 diatas truk..ya ampun benar2 uji mental..:(

(

Jalan kaki sebelum lomba..hiks:(

Setelah sampai di ITB kita menuju Aula Timur untuk registrasi dan menunggu giliran tampi. Di ruang tunggu itu di tampilkan dalam layar LCD penampilan peserta yang sedang berlangsung. Ya ampun waktu itu kita liat penampilan dari FH UNDIP dengan baju adat bali penampilan mereka bagus banget..malah sebelumnya kupikir itu adalah penampilan pemenang sebelumnya eh ternyata siaran langsung dari Aula Barat tempat lomba berlangsung. Sekian lama menunggu kami menuju Aula Barat dan berada di pos terakhir ruang tunggu yang tepat di belakang panggung, saat itu yang tampil Universitas Trisakti yang menyanyikan lagu Kicir2. Dari belakang panggun kami bisa dengar lagu Kicir2 itu, ya ampun bagus banget..Setelah Trisakti tampil giliran nama Cientifico Choir dipanggil, seperti mimpi karena gak pernah kebayang bakal ikut ajang nasional dimana penontonnya pasti dari mana2 di Indonesia…Lalu dengan rasa percaya diri yang cukup (gak lebih gak kurang sesuai pesan mas Paulus) kami tampil dengan lagu pertama Ugo-ugo dari Banyuwangi yang bercerita tentang kesedihan dan lagu kedua yang bertolak belakang dengan lagu pertama yaitu Kankarem dari Papua yang bertema ceria mengajak sang tuan rumah untuk segera memulai pesta..Wah… gak pernah nyangka bahwa salah satu juri kami adalah Ibu Catharina W. Leimena yang selama ini cuma bisa lihat di TV waktu beliau menjadi instruktur di Indonesian Idol..Tapi kami tetap harus menampilkan sesuai yang telah kami latih selama ini, gak boleh gugup trus harus maksimal biar usaha slama ini gak sia2..

Wis turuwo..mata ati kang nyandhang lara.. (Begitulah kata2 terakhir di lagu Ugo-ugo..) Lalu beralih ke Kankarem Woiyo….Nyaworo bara..Orisyun robe…Robe robe ae… Saat lagu Kankarem kami menggunakan koreografi khas papua dengan koreografer dari papua yaitu kak Patris, sepertinya gerakan kami dengan tabuhan tifa oleh kak Patris cukup memukau penonton karena setelah penampilan kami selesai penonton memberi tepukan yang sangat berharga bagi kami..

Setelah tampil di FPS XXI ITB 2008 kategori Lagu Rakyat Indonesia

Setelah tampil di FPS XXI ITB 2008 kategori Lagu Rakyat Indonesia

Rasanya lega telah tampil..setelah sekian lama berlatih kurang lebih 4 bulan ternyata dipertaruhkan di panggung hanya sekitar 10 menit saja…sungguh perbedaan waktu yang jauh..Tapi itulah uniknya paduan suara..harus semakin sering dilatih supaya masing2 suara sopran, alto, tenor dan bass makin kompak dan padu…Semoga aja proses kerja keras kami selama latihan tidak sia2..Sesampai penginapan setelah tampil jam sudah menunjukkan waktu yang larut..maka kami langsung istirahat..Keesokan harinya kami memiliki waktu free untuk jalan2 keliling Bandung. Tujauan pertama adalah Pasar baru lalu sesi berikutnya menuju Cihampelas. Saat di Cihampelas tiba2 turun hujan deras sehingga jalan menjadi banjir sampai diatas mata kaki..Ya ampun ternyata tiap kota memiliki masalah yang sama pada saluran air sama kayak di Malang..Karena jalannya agak miring jadi banjirnya agak deras dan kencang..waktu nyebrang bisa bikin orang ikutan arus..eh.. ternyata salah satu teman kami yang pake sandal japit harus rela kehilangan sandalnya yang hanyut ikut arus..wah lucu sekali…:p Kejadian ini bikin orang yang liat jadi ketawa..Padahal saat itu kami mau menuju ke Ciwalk, tapi temen kami itu tetep PeDe masuk mall dengan telanjang kaki..tapi setelah sampai di mall dia langsung beli sandal dengan harga 40ribu..yah..mahal sekali cuma buat sandal ajah..

Malamnya setelah jalan2 kami bersiap2 untuk pergi ke ITB karena pengumuman hasil lomba dibacakan pada jam 11 malam di Aula Barat ITB..karena waktu itu malam minggu jadi jalanan macet dan tidak memungkinkan bagi kami buat naik bus maka kami berangkat dengan jalan kaki karena jaraknya tidak begitu jauh atau naik angkot..setelah sampai di Aula Barat kami tidak kebagian tempat duduk jadi kami berdiri di belakang..saat itu langsung dibacakan pengumuman nilai..tanpa firasat apapun kami mendengar pengumuman dengan seksama. Kategori Lagu Rakyat Indonesia dibacakan diurutan ketiga setelah dua kategori sebelumnya..jadi kami nunggu agak lama. Ketika giliran Kategori Lagu Rakyat Indonesia dibacakan kami mendengar dengan lebih sekasama lagi..Cara pembacaannya dimulai dari ranking terbawah dulu yang dibacakan lalu sampai ke champion. Saat itu yang pertama kali dibacakan juri adala Brawijaya Economic Choir dengan nilai Silver..kami terkejut karena BEC adalah teman kami yang dari fak. Ekonomi padahal mereka sudah berpengalaman sebelumnya ikut di ajang nasional jadi kami agak terkejut lalu berikutnya kami tidak begitu mendengar kata awalnya hanya yang kami dengar ……Choir.. wah jangan2 kami karena nama kami kan Cientifico Choir. Kebanyakan dari kami sudah bisa terima walaupun gak masuk 3 besar..tapi sebagian dari kami yakin bahwa tadi bukan nama kami yang disebut tapi Swara Jogja Choir..jadi masih ada kesempatan bagi kami..sampai akhirnya dibacakan PSM FH UNDIP lalu Perbanas Institute Choir..lho nama kami kok gak disebut2 jangan2 kami dilupakan atau terlewatkan, wah kejam kalo gitu..trus Perbanas khan juara sebelumnya kok udah dibacain berarti bukan juara lagi…sampai juri berkata “..dan yang menjadi Champion adalah….” dengan hati gak karuan..deg2an…lalu kami mendengar “…Cientifico Choir…” dibacakan dengan keras..kami langsung teriak seperti orang yang norak, udik, kampungan dan sebagainya..dan banyak pasang mata memandang kami..mungkin mereka pikir anak2 ini siapa se??dah banyak yang pake sandal japit, trus kebanyakan dari kami berwajah kayak anak kecil pasti mereka semakin bertanya2..sampai panitia penyelenggara menyuruh kami untuk diam, akhirnya kami pergi keluar dari Aula dan teriak bahagia, dan menangis haru tanda tidak percaya dengan semua ini.. sungguh seperti anugerah tapi juga cobaan yang amat besar, dimana pertama kali bagi kami ikut ajang nasional walaupun satu kategori yaitu lagu rakyat Indonesia tapi langsung mendapat juara I..Tapi saat itu sungguh dilematis, disaat kita bahagia akan kemenangan kami..salah satu teman kami yaitu Kiky tiba2 muntah2..ternyata mag akut yang sudah dideritanya selama ini kambuh..ya ampun benar2 cobaan..akhirnya Kiky langsung dilarikan ke UGD rumah sakit terdekat. Tak hanya itu permasalahannya karena kita menang maka di acara Closing Ceremony kami harus tampil kembali dan penyerahan medali emas diberikan kepada kami saat itu..yaitu keesokan malamnya yaitu minggu malam. Padahal sebelumnya karena ada 2 teman kami yang harus sudah sampai di malang pagi hari di hari Senin karena ada Praktikum yang tidak boleh dilewatkan, maka agar sampe di Malang tepat hari Senin maka kami memutuskan untuk pulang hari minggu pagi..tapi kan kita harus tampil malam hari..terus gimana? saat itu setelah di rumah sakit sudah pukul 00.00 tandanya sudah berganti hari menjadi hari Minggu sedangkan kami belum punya solusi untuk kedua teman kami itu..terpaksa mereka harus pulang sendiri tanpa kami karena kami harus tampil di Closing Ceremony..jam segitu kami coba mencari tiket travel, kereta api sampai pesawat..tapi hasilnya nihil..padahal teman kami harus sampai Malang hari Senin..Akhirnya solusinya adalah teman kami ikut bareng FE yang ternyata pulang di hari Minggu pagi..Alhamdulillah akhirnya ada solusi..lalu saat Pukul 01.00 Kiky sudah bisa keluar dari UGD..

Minggu pagi kami sedikit merubah koreografi dari Lagu Kankarem untuk penampilan nanti mala agar lebih asyik dilihat..Lalu malam hari kami berangkat menuju ITB..dan setelah semua selesai, medali emas sudah kami bawa maka kita langsung bersiap pulang kembali ke Malang..

Sungguh perjalanan yang sangat panjang dan penuh peristiwa….

)

Gak nyangka bisa foto ma Juri terutama Bu Catharina..sama bawa medali:)

Advertisements

Comments»

1. yunoume - September 12, 2008

selamat yah bwt CC..

2. ciwy - September 18, 2008

mbak fin,,,upLoaD di bLognyaH CC dumz,,,

3. swamp - November 14, 2008

just a silly question: Rok rumbainya masih disimpen gak? πŸ˜›

4. Arif Nurhidayat - November 28, 2008

Nice blog sis, very nice blog.. Hei hei tukeran link donk!!

5. Rudy - December 15, 2008

hai… wah abis dari bandung ya… πŸ™‚

6. arumsha - January 26, 2009

πŸ™‚ mbak…nulis terus dunkz..
πŸ˜€

7. d d - November 30, 2009

aq terharuuuuuu

8. Bien - April 16, 2010

FPS yang 2010 ikut tidak?

fifinhandayani - July 5, 2010

untuk FPS 2010 insyaAllah CC ikut berpartisipasi sebagai peserta. untuk kategori female,mixed dan folklore..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: